Wednesday, September 07, 2005

Gelang & Armstrong

Bulan Juli lalu Ibu lihat di Kompas ada iklan bertajuk Bersama Morinaga Peduli Sahabat (BMPS). Program BMPS ini diselenggarakan oleh Kalbe Farma Health Food Division, pemegang lisensi susu pertumbuhan Morinaga di Indonesia bermerek Chil Kid dan Chil School, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli 2005. Dalam program ini masyarakat diajak untuk menyumbangkan mainan bekas layak pakai dengan tujuan menanamkan rasa kepedulian serta melatih anak agar berbagi dengan sesama yang kurang mampu.

Program BMPS berlangsung mulai tanggal 23 Juli-22 Agustus 2005 di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan Makasar dengan melibatkan siswa sekolah Pre-School, TK dan SD. Sumbangan juga dapat diserahkan di Toko Buku Gramedia tertentu di lima kota besar tersebut pada tanggal 1-22 Agustus. Hasil pengumpulan mainan akan disumbangkan ke anak-anak di panti asuhan, yayasan pendamping anak jalanan serta anak-anak di tempat pengungsian korban bencana alam Aceh. Sebagai tanda terima kasih, Morinaga memberikan Gelang Persahabatan yang dapat diperoleh pada saat menyerahkan mainan layak pakai di sekolah-sekolah dan Toko Buku Gramedia tertentu yang menyediakan kotak penampungan mainan.

Ibu sangat tertarik dengan program ini karena dua alasan. Pertama, Ibu bermaksud mengajari Uka untuk peduli terhadap sesama. Kedua, Ibu ingin mengurangi tumpukan mainan di rumah yang makin hari makin banyak mengingat Uka hampir selalu minta 'pajak' mainan kalau ke luar rumah :) Terlebih lagi, banyak di antara mainan itu yang sudah jarang disentuh Uka maupun Ene.

Tapi untuk ikut program BMPS ini Ibu terkendala oleh kenyataan bahwa di Cilegon nggak ada Toko Buku Gramedia :( Tempat penukaran hanya disediakan di 5 kota besar tersebut di atas. Yang terdekat dari Cilegon adalah di Jakarta, tapi rasanya kok effortnya besar karena Ibu tidak tau persis alamat yang disebut di iklan. Bisa2 malah kesasar :) Terus, ketika Ibu lihat alamat penukaran yang di Surabaya, loh... ini kan Toko Buku Gramedia yang letaknya dekat rumah Yang Nuk! Kalau ke Surabaya, hampir selalu Bapak main ke situ, jalan kaki! Ibu lantas terpikir untuk mengirimkan mainan2 Uka ke Yang Nuk. So, Ibu segera nyari kardus untuk mengemasi mainan2 Uka.

Ternyata proses mengemasi mainan ini tidak secepat yang diduga karena Ibu harus bernegosiasi dengan Uka, mainan apa aja yang mau dia lepas dengan sukarela :) Kadang2 mainan yang tadinya sudah Uka setujui untuk disumbangkan eh.. diminta lagi sama Uka karena masih sayang :) Kadang2 juga, Ibu yang tidak setuju Uka menyumbangkan mainan tertentu karena Ibu juga suka dengan mainan itu. Hahaha... ketahuan deh kalau Ibu juga suka mainan anak2nya :)) Jadi hasil akhir mainan yang akan disumbangkan merupakan kompromi antara Ibu dan Uka :D Setelah packaging selesai, paket mainan pun segera dikirim ke Yang Nuk via jasa pengiriman barang.

Sesampai di Surabaya, ternyata akhirnya tidak semua mainan yang dikirim disumbangkan ke Gramedia karena saat itu di Surabaya ada Gerry dan Gendy yang lagi liburan di rumah Yang Nuk, jadi sebagian mainan diambil mereka karena di rumah Yang Nuk nggak ada mainan hehe... Tapi kata Yang Nuk yang disumbangkan masih banyak kok! :) Dan setelah Yang Nuk memperoleh Gelang Persahabatan dari Morinaga sebagai tanda terima kasih, gelang ini pun dikirim balik ke Cilegon (baru sampai sekitar dua minggu yang lalu). Gelangnya warna biru bertuliskan "Morinaga Peduli Sahabat". Sebelumnya Uka juga sudah punya gelang semacam ini berwarna merah bertuliskan "LiveStrong", bonus dari majalah anak2 yang dibeli Uka.

Gelang LiveStrong ini aslinya berwarna kuning. Gelang ini merupakan ide dari Lance Armstrong, pembalap sepeda profesional Amerika Serikat yang terkenal karena berhasil menjuarai Tour de France sebanyak tujuh kali berturut-turut (1999 hingga 2005) sejak sembuh dari penyakit kanker. Pengalamannya menghadapi penyakit kanker memberinya insipirasi untuk mendirikan Yayasan Lance Armstrong, dan kemudian mengembangkan gelang LiveStrong pada tahun 2004 sebagai upaya meningkatkan kesadaran terhadap korban-korban kanker. Armstrong pensiun dari membalap setelah menjuarai Tour de France pada tahun 2005, mengakhiri karir selama 14 tahun. What a success story!!!

Sstt.. kemarin Ibu baca di KCM, Lance Armstrong telah bertunangan dengan bintang rock Sheryl Crow. Ini kutipannya:

Bintang balap sepeda Lance Armstrong (33) telah bertunangan dengan bintang rock Sheryl Crow (43). Mereka juga akan menikah. Senin (5/9), juru bicara Armstrong mengabarkan hal itu.

Tak ada keterangan rinci yang dikeluarkan mengenai pernikahan mereka, meskipun si juru bicara mengatakan bahwa mereka tampaknya bakal mengikat janji sebagai suami istri pada musik semi yang akan datang.

Pasangan dari AS tersebut bertemu pertama kali di sebuah acara amal pada Oktober 2003. Tak lama kemudian, mereka mulai berkencan.

Armstrong, yang berhasil melawan kanker testis, telah mempunyai tiga anak dari perkawinan pertamanya. Sementara itu, Crow belum pernah menikah. Crow pernah dihubung-hubungkan dengan artis musik ternama Eric Clapton dan aktor kondang Owen Wilson.

Armstrong sudah tujuh kali menjuarai Tour de France. Sementara itu, Crow telah memenangi sembilan penghargaan Grammy sejak 1993. Sebagai penyanyi sekaligus pencipta lagu, Crow terkenal berkat sejumlah lagu, antara lain All I Wanna Do dan If It Makes You Happy. Album studio kelimanya, Wildflower, akan dirilis pada 13 September mendatang.

Balik ke gelang, sejak beredarnya gelang kuning LiveStrong, gelang2 semacam ini dengan berbagai macam warna dan tulisan, menjadi trend dalam kegiatan2 penggalangan dana yang terkait dengan kepedulian sosial. Gelang ini menjadi semacam icon kepedulian terhadap sesama!

2 Comments:

Post a Comment

<< Home