Monday, October 24, 2005

Salah Ucap

Ketika Uka seusia Ene saat ini (dua tahun, 9 Des '05 nanti), ngomongnya tidak sebanyak Ene, sampai2 waktu itu Yang Nuk agak khawatir. Biasalah... kekhawatiran seorang nenek :) Ini pula yang mendorong Ibu untuk segera menyekolahkan Uka di PlayGroup di usianya yang persis 3 tahun saat itu. Dan ternyata memang sejak sekolah, Uka mulai banyak omong dan kosa katanya berkembang dengan pesat! Dan sekarang ini, menurut Ibu, Uka termasuk anak yang banyak omong sampai2 selalu mendapat catatan tentang hal ini di rapornya! :D

Tapi, di antara kefasihan Uka berbicara sejak sekolah, ternyata ada beberapa kata yang sering nyangkut ato salah diucapkannya berulang kali sebelum Ibu ato Bapak membetulkannya. Kata2 itu adalah (diurut sesuai kejadiannya sejauh yang Ibu ingat):

  • Sama-sama. Semasa PlayGroup sering diucapkannya 'nyama-nyama', tapi sekarang sudah nggak pernah nyangkut lagi. Justru sekarang ini, kadang2 Bapak ato Ibu sering dengan sengaja memlesetkan kata 'sama-sama' menjadi 'nyama-nyama'. Kalo sudah gitu, ganti Uka dengan ekspresi serius membetulkannya! :))

  • Barengan. Semasa PlayGroup sering diucapkannya 'bangengang' :D Sekarang Uka sudah nggak pernah salah.

  • Lemari. Semasa PlayGroup (bahkan mungkin sampai awal TK-A) diucapkannya 'melari'. Kalo Ibu bantu mengejanya per suku kata le-ma-ri, lantas Uka mengikuti tiap suku kata, Uka akan mengucapkan tiap suku kata dengan benar. Tapi setelah Ibu sambung 'lemari', eh.. balik lagi dia bilang 'melari'!!! Kayak srimulatan jadinya :)) Tapi sekarang, kata inipun sudah nggak pernah kepleset diucapkan Uka.

  • Es-em-es ato sms. Semasa TK-A (ketika PlayGroup, Uka belum ngeh ada kata ini) Uka mengucapkannya 'e-me-es' (dengan 'e' seperti pada kata 'nenek'). Kata ini biasanya diucapkan Uka kalo dia memberitahu Ibu bahwa ada sms masuk. Agak lama juga Ibu mengajari pengucapan yang benar untuk kata ini, dan sekarang Uka sudah nggak pernah salah :)

  • Batre (maksudnya battery). Oleh Uka diucapkan 'barte'. Sampai saat ini kadang masih salah ucap, meski cepat2 Uka membetulkannya setelah tau kalo salah :)

  • Sereal. Oleh Uka diucapkan 'selera'. Kata ini masih sering salah diucapkan setiap Uka minta sereal, tapi segera dibenerin setelah Uka tau kalo salah :)

  • Bonus. Diucapkan 'bunos' oleh Uka. Sesekali Uka masih kepleset sampai saat ini.

  • Koperasi. Diucapkan 'kropasi' oleh Uka :) Masih termasuk kata yang sering nyangkut, mungkin karena jarang dipergunakan se-hari2. Biasanya Uka menyebut kata ini kalo diajak Ibu ke koperasi. Baru bisa bener kalo Ibu bantu mengejanya per suku kata :D
Omong2, apakah hal semacam ini sering dialami anak2 lain ya? Ada yang bisa kasih info?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home