Tuesday, June 28, 2005

Mopping-up Polio 2

Hari ini 28 Juni 2005 seharusnya Udane ikut mopping-up polio putaran ke-2, tapi karena Udane lagi batuk pilek maka Bapak dan Ibu memutuskan untuk menunda pemberian imunisasi polio sampai Udane sehat. Meski batuk pilek dapat digolongkan penyakit yang tidak berat, mereka berdua artinya sedang tidak dalam kondisi fit. Nah, kalau dalam kondisi demikian terus dikasih 'penyakit'—secara umum imunisasi berarti diberi bakteri 'penyakit' supaya tumbuh kekebalan tubuh dan menjadi imun terhadap 'penyakit' tersebut, dalam hal ini polio—bisa2 penyakitnya justru makin berkembang. Apalagi tidak bisa dipungkiri bahwa pada mopping-up polio putaran ke-1 31 Mei 2005 yang lalu, ditemukan beberapa kasus anak yang justru sakit setelah mendapat imunisasi polio.

Sebenarnya nggak ikutan imunisasi polio-nya sih nggak pa2, toh imunisasi bisa dilakukan kapan saja, baik di dokter maupun di bidan. Tapi yang Ibu merasa kehilangan adalah ekspresi ceria dan bangga Udane saat jari2 mereka diberi tinta biru sebagai tanda keikutsertaan mereka dalam mopping-up polio :) Mungkin Tuhan 'menegur' Ibu dengan hal ini karena saat mopping-up putaran ke-1 Ibu mengeluhkan bagaimana ribetnya mempersiapkan mereka berangkat pagi2 padahal imunisasinya sendiri cuma sebentar :) What u think is what u get! So, lebih baik positive thinking supaya yang terjadi juga hal2 yang positif :)

Updated 22/08/2005:
Pada akhirnya Bapak dan Ibu memutuskan bahwa Udane tidak perlu diberi imunisasi polio tahap lanjutan karena kondisi kesehatan keduanya so far so good! Mudah2an seterusnya demikian. Amin.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home