Wednesday, August 16, 2006

Uka Bisa Bersepeda

Uka sudah punya sepeda sejak duduk di Play Group waktu di Cilegon dulu. Waktu itu Uka minta dibelikan sepeda (roda 2 dengan tambahan 2 roda kecil) karena kalo sore banyak anak di kompleks yang bersepeda. Ibu dan Bapak tentu aja seneng karena memang pengin banget ngeliat Uka bisa bersepeda. Tapi ternyata euphoria sepeda itu cuma berlangsung selama kira2 sebulan. Setelah itu, sepeda tersebut cuma tergeletak begitu saja sampai bannya gembos semua! Sesekali Uka masih mau naik sepeda, tapi di dalam rumah dan dalam kondisi ban gembos! :D Soalnya Ibu males banget kalo disuruh mompa ban dulu padahal hanya mo dipake sebentar hehe..

Ketika pindah ke Jogja, sepeda itu dibawa juga tentunya dengan harapan suatu saat Uka mau memakainya lagi. Kondisinya waktu itu sudah berdebu, sedikit karatan di beberapa tempat, ban gembos semua, dan roda kecilnya ga sama antara yang kiri dan kanan. Yang terakhir ini karena pernah dalam satu sesi latihan Uka bertabrakan dengan Mbak Muh (mantan pengasuh Ene saat di Cilegon) yang juga lagi latihan bersepeda dengan meminjam sepeda tetangga, akibatnya salah satu roda kecilnya bengkok! Roda bengkok ini lantas diganti roda kecil baru. Cuma diganti sebelah karena roda pengganti ini ga terlalu bagus kualitasnya, jadi Bapak pikir lebih baik diganti sebelah aja. Mungkin peristiwa tabrakan ini turut menurunkan minat Uka untuk bersepeda karena pada dasarnya Uka termasuk anak yang takur jatuh. Cedera dikit aja, wah nangisnya minta ampun hehe...

Di Jogja, temen2 di lingkungan baru sudah pada bisa bersepeda semua kecuali Almer (sekarang TK B). Dimas yang masih duduk di Play Group saat itu (sekarang TK A) malah kenceng banget kalo naik sepeda. Karena Dimas usianya lebih muda dari Uka, jadi Dimas sering dijadikan contoh oleh Yang Nuk dan Ibu supaya Uka mau belajar bersepeda. Tapi ternyata itu nggak ngaruh ke Uka! :) Kejadian saat Uka ditinggal temen2nya bersepeda sementara dia harus lari2 di belakang mereka tidak juga menumbuhkan minat bersepeda. Dengan bangga Uka malah bilang "Ga pa-pa aku lari2 aja, kan sehat!" :D Dan akhirnya kami menyerah dan tidak pernah lagi mendorong Uka untuk bersepeda.

Sampai Minggu sore yang lalu..... Ibu bangun dari tidur siang, kok rumah terasa sepi? Ternyata Bapak lagi lari2 mengejar Uka yang naik sepeda! Lebih surprise lagi, roda kecilnya sudah dicopot dan Uka sudah bisa meluncur sendiri! Wah... Ibu seneng banget!!! Belakangan Bapak cerita kalo sudah beberapa waktu lalu Uka minta ke Bapak supaya roda kecil di sepedanya dicopot, dia mau belajar langsung dengan roda dua. Baru sore itu Bapak sempat memenuhi permintaan Uka tersebut. Sampai latihan sore itu selesai, Uka sudah bisa meluncur sendiri kalo jalanan menurun, tapi kalo harus memulai start jalanan yang naik, dia masih harus dipegangi dulu, baru bisa ngayuh sendiri. Itupun masih jatuh beberapa kali. Tapi Uka sekarang sudah tahan banting kalo sekedar lecet2 kecil. Sudah nggak nangisan lagi hehe... Uka janji mau latihan bersepeda tiap sore dan itu berarti..... Ibu yang harus mendampingi! Alamak! Bener2 program pengurusan badan nih kalo tiap sore lari2 ngejar Uka hahaha....

Dan bener Senin sore, Ibu ganti berpeluh me-ngejar2 Uka! Untungnya sore ini Uka sudah lebih lancar bersepeda, sudah bisa memulai start saat jalanan naik, jadi Ibu pun bisa istirahat dan hanya melihat dari kejauhan! Bahkan ketika Ibu sudah masuk rumah karena mengira sesi latihan sore itu selesai (Uka sudah memarkir sepedanya di garasi rumah), eh... Uka meluncur sendiri dengan sepedanya tanpa minta didampingi Ibu!

Selasa sore, Uka bersepeda lagi tanpa didampingi Ibu. Beberapa kali sempat hilang kontrol kemudi dan jatuh ato nabrak tanaman Tante Erna di pinggir rumah, tapi Uka bangkit lagi tanpa mengeluh! Jadi efektif Uka belajar sepeda hanya dua hari! Bapak dan Ibu bener2 nggak ngira!

Saking bangganya Bapak atas prestasi Uka, hal ini sampai diceritakan ke temen2 dosen! Mungkin juga nanti ke mahasiswanya! Kata Bapak ke temen2nya, perasaannya melihat Uka bisa bersepeda roda dua seperti baru saja meluluskan pendadaran 5 mahasiswa! Hahaha...

Selamat Uka, we're really proud of you!

1 Comments:

  • jadi sekarang berat badan mbak jun turun berapa kilo ? hahahaha

    selamat buat uka yang udah lancar bersepeda.
    reva juga punya sepeda baru lho. roda 2 + 2 roda kecil hehe. tapi dia aneh banget ngayuhnya, nggak berputar, selalu kaki kanan doang yang ngayuh hehe.

    By Blogger Bunda Reva, at Wednesday, August 30, 2006 11:07:00 am  

Post a Comment

<< Home