Wednesday, September 27, 2006

Ramadhan di Jogja

Ramadhan tahun ini adalah Ramadhan kami yang pertama di Jogja. Kemarin Tante Weni nanya via sms "gimana puasa di yk?" dan Ibu belum sempat jawab, jadi sekalian jawabannya di posting kali ini :D

Pada kenyataannya, Ibu baru mulai puasa hari Selasa kemarin. Biasaaa... halangan seorang perempuan :) Dan kalo sudah 'libur' di awal puasa, biasanya juga 'libur' saat sholat Ied, seperti tahun lalu. Tapi seandainya pun tidak lagi 'libur' biasanya Ibu juga nggak bisa sholat Ied karena harus nemenin Ene yang nggak bisa duduk diam, bahkan suka narik2 mukena Ibu kalo Ibu lagi sholat.

Seperti semalam saat Ibu berkesempatan sholat Tarawih di Masjid Darussalam, persis di belakang tempat tinggal kami. Malam sebelumnya saat Ibu masih berhalangan, Bapak 'berhasil dengan sukses' membawa Uka dan Ene ke masjid meski hanya untuk sholat Isya. Pulang dari masjid Uka dengan antusias cerita begini:

"Ibu... Ibu... tadi Ene pinter lo, Bu... Dia bisa ngikuti gerakan sholat. Waktu orang2 begini, Ene juga begini. Waktu orang2 begini, Ene ikut2an begini. Terus waktu orang2 begini, eh.. Ene juga begini lo Bu..."

Hihihii.... kalo cuma membaca kalimat di atas pasti bingung apa yang dimaksud Uka dengan 'begini'-nya yang ber-ulang2. 'Begini' yang pertama Uka mendemonstrasikan sikap berdiri bersedekap dalam sholat. 'Begini' yang kedua Uka nunjukin sikap ruku' dan 'begini' yang ketiga Uka kasih contoh gerakan sujud :D

Nah, dengan bekal cerita sukses Uka tentang perilaku Ene selama di masjid, semalam Ibu melangkah dengan mantap ke masjid bersama bapak, Uka, dan Ene.

Sampai di masjid, Uka sok tau nunjukin jalan bagi Ibu ke arah sap perempuan, se-olah2 Ibu sama sekali tidak tau kalo area sholat untuk perempuan dan laki2 dipisah! Hehehe... Sementara itu Ene masuk ke sap laki2 dengan Bapak. Baru saja Ibu memakai mukena, tiba2 Ene mulai nangis sambil bilang, "Ibu nggak boleh di situ.... Ibu di sini aja". Maunya Ene, Ibu bergabung dengan Bapak di sap laki2! Bapak berusaha menenangkan Ene tapi tidak berhasil. Tangis Ene tambah kenceng sehingga Bapak membawanya ke luar masjid supaya tidak mengganggu jamaah lain yang sedang sholat sunah.

Akhirnya Ibu memutuskan sholat di teras luar masjid saja dengan beberapa ibu yang juga membawa anaknya, jadi Ene bisa dekat Ibu tanpa mengganggu ibu2 yang lain. Sampai sejauh itu persoalan seolah selesai karena Ene sudah mau diam meski masih ada sesenggukan sisa tangis.

Nggak lama kemudian Ene minta minum! Walah... mana Ibu terpikir harus bawa bekal minuman ke masjid? Untungnya persis di depan agak ke kiri Ibu ada beberapa jumbo minuman plus gelas plastik sisa tajilan (Kali Ene sudah mengincar minuman ini duluan ya? Hehehe...). Ibu lantas mengambilkan segelas air putih untuk Ene. Tante Erna, tetangga depan rumah kami, yang duduk di sebelah Ibu, turut mengambilkan segelas teh hangat buat Ene. Awalnya Ene nolak teh itu, jadi Ibu taruh aja di dekat Ene dengan pesan supaya Ene ngambil sendiri kalo mau teh.

Berikutnya, baru saja Ibu dan jamaah lain masuk rakaat pertama sholat Isya, Ene sudah me-narik2 mukena Ibu sambil bilang, "Bu... Ene mau teh...", sambil memandang teh yang ada di depannya tanpa berani mengambil sendiri. Kali malu karena tadi sudah nolak dari Tante Erna, hehehe.... Ibu lantas membatalkan sholat untuk mengambilkan teh buat Ene, lalu menyusul sholat lagi.

Masuk rakaat kedua, eh... Ene mulai rewel lagi, narik2 mukena lagi. Ibu diemin aja dengan harapan Ene akan diam sendiri. Tapi ternyata tarikannya tambah keras dan naga2nya nangisnya bakal tambah kenceng!! Wahhh... daripada mengganggu yang lain dan jadi bahan omongan tetangga, akhirnya Ibu melepas mukena dan melipat sajadah, lantas mengajak Ene pulang!

Oalah Ne.. Ne.. gara2 maunya Bapak dan Ibu nggak boleh 'pisah' di masjid, jadinya gatot alias gagal total deh rencana Ibu sholat berjamaah di masjid! Rupanya Ene berprinsip 'bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh' ala Bhinneka Tunggal Ika! Hahaha.....

1 Comments:

  • hahahaha kebayang deh :))
    aku aja cuma 2 kali ngajak reva tarawih and i think twice is enough hahaha.
    pdhl aku sama mbaknya juga. jadi yang terganggu ya mbaknya :D
    ntar deh kalo sempet ceritanya aku posting di blog juga :D

    By Blogger Bunda Reva, at Friday, September 29, 2006 8:20:00 am  

Post a Comment

<< Home