Thursday, July 28, 2005

Ibu Lagi M?

Belakangan ini di televisi ada iklan sebuah produk pembalut wanita—Sebenarnya Ibu agak nggak sreg dengan istilah ini. Masak wanita dibalut? :D Tapi apa ya istilah yang pas? Au ah!—yang storyboardnya tentang seorang cowok yang sedang 'menembak' temen ceweknya dengan pertanyaan: "Lagi M ya?". Maksud 'M' tentunya bukan Madat atau Mabok—Siapa juga yang ngira itu? :))—tapi Menstruasi. Yang jadi masalah, pertanyaan tersebut disampaikan di ruang publik sehingga membuat si cewek membalas dengan ekspresi 'so what gitu loh' karena merasa jengah. Eh... tapi kenapa juga ya cewek kalo ditanya hal itu di depan umum merasa risi? I don't know, but that really happen :)

Updated 05/082005:
Setelah memperhatikan lebih teliti iklan yang dimaksud di atas, ternyata statement cowoknya yang benar adalah: "Kamu lagi M nggak?" Dengan demikian kesalahan telah diperbaiki. Sorry for any inconvenience it may cause :))

Nah... kejengahan si cewek di iklan tersebut Ibu alami tadi malam. Ceritanya Ibu ke Toko Edi dengan Udane dan Si Mbak. Ketika melewati bagian pembalut wanita dengan berbagai macam merek dan model, tiba2 Uka nyeletuk, "Ibu lagi M ya?". Wah!!! Rasanya muka Ibu seperti udang rebus karena suara Uka cukup keras untuk didengar orang2 yang belanja di sekitar Ibu. Secara reflek Ibu langsung menegur Uka sambil melotot, "Hush! Nggak boleh bilang gitu!". Dan Uka pun reflek menjawab, "Ups, maaf!", sambil menutup mulutnya. Sejenak kemudian baru Ibu berpikir bahwa itu bukan salah Uka, dia kan hanya menirukan apa yang dia lihat dan belum memahami 'nilai rasa' dari suatu ungkapan. Justru Ibu seharusnya menjelaskan konsep 'nilai rasa' ini ke Uka, bukan sekedar marah saja. Maaf yo Le..! Lain kali Ibu akan lebih hati2 dengan reflek Ibu.

Memang kadang2 Ibu mengalami kesulitan untuk menjelaskan sesuatu ke Uka dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh alam pikiran kanak2nya, di antaranya masalah menstruasi ini. Sebelum kasus di atas, ketika pertama kali melihat Ibu membeli pembalut wanita, Uka bertanya pada Ibu, "Ini apa Bu?". Ibu jawab singkat, "Itu popoknya Ibu", sambil berharap jawaban tersebut memuaskan. Tapi ternyata Uka masih melanjutkan dengan pertanyaan, "Oh... Ibu masih suka ngompol seperti Ene ya?". Gubrraaakk!!! Speechless.......... Help!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home