Tuesday, May 31, 2005

Mopping-up Polio

Sehubungan dengan ditemukannya kasus polio baru di beberapa daerah di Jawa Barat setelah hampir 10 tahun Indonesia dinyatakan bebas polio, Pemerintah RI mengadakan program Mopping-up Polio. Mopping-up merupakan imunisasi suplemen yang bertujuan untuk menghilangkan virus liar (bukan akibat imunisasi) yang masih ada di daerah/wilayah yang bersangkutan. Kegiatan ini memerlukan dua kali pemberian dengan selang antara (minimal) satu bulan. Dalam hal ini mopping-up diselenggarakan secara serentak di tiga propinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, untuk dua putaran. Putaran pertama 31 Mei 2005 dan putaran kedua 28 Juni 2005. Sasaran dari program ini adalah semua anak balita (di bawah lima tahun) tanpa kecuali, tanpa memandang apakah sudah pernah diimunisasi polio atau belum.

Jadi, tadi pagi Ibu, si Mbak, Uka dan Ene, juga Azka (temen Uka) ber-bondong2 ke RS Krakatau Medika untuk imunisasi polio putaran pertama. Dina, adik Azka, nggak ikut karena baru saja imunisasi polio dua minggu yang lalu. Dan karena itu pula Mama Azka 'menitipkan' Azka pada Ibu, daripada harus mengajak Dina juga. She is so tiny, kasihan kalau harus ikut ribet. Mending bobok di rumah ya Din :)

Imunisasinya sendiri sih nggak lama, satu anak nggak lebih dari lima menit, cuma ditetesin mulutnya sebanyak dua kali aja kok, tapi persiapan di rumah itu yang ribet. Bangun tidur, Uka dan Ene mandi bareng terus ganti baju, setelah itu sarapan. Kalau ada Ibu, Ene nggak mau sarapan dengan si Mbak, jadi Ibu nyuapin Ene sambil Ibu sendiri sarapan di meja makan, biar cepet, sementara Uka disuapin Yuk.

Beres sarapan, ganti Ibu mau mandi, tapi ternyata Ene rewel dengan bajunya, hem kotak2 dengan celana monyet jins yang dipilihin Ibu. Awalnya tangan kanannya dimasukkan ke dalam celana—dikira kantong kali :)—terus nggak bisa ngeluarin. Nggak lama kemudian tali celana yang nyangkut di pundaknya di-tarik2, sepertinya dia gerah. Maklum aja, Ene gampang keringatan dan sering biang keringat di sekitar leher. Akhirnya baju Ene Ibu lepas semua dan Ibu ganti polo-shirt dan celana pendek biasa. Huh.. baru deh setelah itu Ibu bisa mandi dan ganti baju. Sudah hampir beres eh.. Uka mau BAB, ya udah ditungguin dulu sambil Ene mimik susu botol.

Sudah mau berangkat, di mobil Ene nangis kenceng sampai sesenggukan. Dia minta duduk dengan Ibu karena dia pikir cuma bakal muter kompleks bentar trus ditinggal Ibu ke kantor seperti biasanya. Akhirnya meski berbahaya dan Ibu tidak suka melakukannya, Ene Ibu dudukkan di kursi depan di sebelah Ibu yang nyetir, habis Ene sama sekali nggak mau di pangku si Mbak! Selama perjalanan jemput Azka terus ke RS, Ibu jalanin mobil pelan2 banget. Untung perjalanannya nggak jauh dan jalannya relatif sepi. Sampai RS baru deh Ene ceria dan lari2 mengikuti Uka dan Azka.

Oh ya, habis diimunisasi, Uka, Azka, dan Ene jari kelingkingnya dicelupin ke tinta biru, seperti Bapak dan Ibu waktu Pemilu Presiden yang lalu. Wah.. ketiganya langsung memamerkan kelingkingnya satu sama lain. "Wah.. jariku jadi hijau!", kata Azka. Uka menyahut, "Eh.. iya, punyaku juga!". Sementara Ene mengikuti di belakang sambil memandangi kelingkingnya juga dan bergumam, "Uh.. uh.." Tanggal 28 Juni 2005 nanti, siap2 untuk ribet lagi seperti ini :D

0 Comments:

Post a Comment

<< Home