Monday, May 09, 2005

Tentang Nama

Menurut Bapak, nama yang diberikan seseorang untuk anaknya bisa dikategorikan menjadi 3 (tiga) macam:

  1. Sebagai doa atau harapan dari orang tua terhadap anaknya;
  2. Sebagai penanda atau pengingat terhadap sesuatu, bisa orang, event (kejadian), atau yang lain; dan
  3. Tidak berarti apa2.
Contoh kategori pertama adalah nama Bapak, Subagyo. Dalam bahasa Jawa, 'su' berarti baik, dan 'bagyo' jelas artinya bahagia. Jadi Mbah Hardjo kakung dan putri—bapak-ibunya Bapak—berdoa atau berharap bahwa Bapak menjadi seseorang yang berwatak baik dan berbahagia dalam hidupnya. Amin. Untuk kategori kedua, nama Ibu—Junita Giarini—bisa dijadikan contoh. Kata Yang Nuk, yang memberi nama ini Yang Gik—almarhum bapaknya Ibu—dengan arti: 'junita' karena Ibu lahir di bulan Juni, 'giar' merupakan penggalan nama Yang Gik, Soegiarto, dan 'rini' artinya anak perempuan. Jadi komplitnya kira2 berarti anak perempuan Giarto yang lahir di bulan Juni. Nah, sudah jelas kan bahwa arti nama Ibu merupakan penanda atau bahasa Jawanya 'tetenger'. Kategori ketiga nggak perlu dibahas karena sudah jelas nggak ada artinya :) Contohnya tolong dicari sendiri di sekitar Anda, pasti nemu deh :)

Nah.. dari ketiga kategori tersebut, Bapak lebih senang kalau nama2 his beloved sons masuk dalam kategori pertama, yaitu doa atau harapan ortu. FYI, yang kasih nama lengkap Uka dan Ene adalah Bapak. Ibu ngikut aja :) karena percaya Bapak pasti memberikan yang terbaik untuk anak2nya. Jadi jelas bahwa arti dari Wignyo Garjito dan Pratista Halimawan, merupakan doa dari Bapak dan Ibu. Wah.. apa ya doa atau harapan Bapak dan Ibu? Kalau nggak salah, nama2 tersebut diambil dari bahasa Jawa kuno yang menurut Bapak artinya: 'wignyo' adalah bijaksana, 'garjito' idem dengan bagyo atau bahagia, 'pratista' artinya teguh hati, dan 'halimawan' artinya yang memberi kehidupan. Jadi, silakan merangkai sendiri apa doa Bapak dan Ibu untuk Uka dan Ene. Semoga Uka dan Ene bisa menjadi seperti yang diharapkan Bapak dan Ibu. Amin.

Terus.. Uka dan Ene itu dari mana asalnya dan apa artinya ya? O ya, huruf e pada Ene dibaca seperti kita membaca 'tempe'—makanan bergizi dari kedelai yang katanya khas Indonesia tapi yang mematenkan malah orang Jepang :( Lo kok ke tempe? Balik ke nama panggilan Uka dan Ene, semuanya tidak ada hubungannya dengan nama lengkap masing2, jadi kalau menurut standar jawaban soal multiple choice masuk kelompok 'benar - benar, tapi tidak berhubungan', so jawabannya adalah B. Eh.. ngelantur lagi.. :) Mumpung boleh nulis apa aja di blog sendiri :D Balik lagi, Uka diambil dari inisial seorang budayawan Indonesia yang sudah almarhum, UK, yang merupakan salah satu tokoh yang dikagumi Bapak. Kalau untuk nama panggilan, Bapak nggak keberatan nama anak diambil dari kategori kedua :) Siapa UK? Kapan2 aja deh ceritanya.

Sedangkan Ene, arti persisnya hanya Uka yang tau karena Uka yang memberi nama. Ceritanya, ketika Ene masih di kandungan Ibu dan sudah diketahui jenis kelaminnya laki2 berdasarkan USG, Bapak dan Ibu beberapa kali nanya ke Uka adiknya mau diberi nama siapa. Dan setiap kali ditanya, jawaban Uka selalu sama, adiknya mau diberi nama Lisa. Padahal kan menurut USG adiknya laki2, dan padahal juga Uka belum pernah nonton kartun Bart Simpson yang adik perempuannya bernama Lisa :). Sampai akhirnya beberapa jam setelah adiknya lahir, Bapak nanya lagi ke Uka, adiknya yang laki2 mau diberi nama siapa. Tiba2 saja bukan Lisa lagi yang disebut Uka, tetapi Ene, dan Uka menyebutnya dengan suka cita! Bapak kaget juga dengan jawaban ini. Orisinil! Bapak dan Ibu belum pernah dengar nama ini. Dan karena Bapak tipe orang yang menghargai pendapat anak sekaligus menghargai orisinalitas, so it's a deal, nama panggilan adik Uka adalah Ene. Selain itu, kata Bapak, nama Ene tidak gender oriented, maksudnya kalau orang baru pertama kali mendengar nama Ene akan sulit untuk menebak apakah si empunya nama laki2 atau perempuan. Ibu pun—lagi2 :)—ngikut Bapak. Jadi arti nama Ene? Kalau menurut Bapak dan Ibu artinya ya itu tadi, sebuah penghargaan terhadap pendapat anak dan terhadap orisinalitas :) Bravo Uka dan Ene!!!

1 Comments:

Post a Comment

<< Home